Friday, June 22, 2018

3 Contoh Alat Kesehatan Elektromedik Yang Bisa Kita Jumpai Di Rumah Sakit

Ada banyak macam alat kesehatan yang ada di rumah sakit dan klinik. Setidaknya ada tiga jenis yang wajib ada sebagai penunjang dan apparatus untuk pelayanan medis di rumah sakit. Diantara tiga macam alat tersebut yaitu alat elektromedik, non elektromedik dan alat diagnostic In vitro. Diantara ketiga jenis alat tersebut kita ambil satu jenis yang cukup mendapatkan perhatian yang lebih yaitu alat Elektromedik. 

Alat Elektromedik merupakan alat – alat medis yang dalam proses operasinya membutuhkan daya listrik atau energi listrik. Alat ini juga sering disebut dengan alat otomatis. Dan alat – alat ini, kebanyakan termasuk alat – alat berat yang memiliki harga yang cukup mahal. 

Contoh Alat Kesehatan Elektromedik


Untuk lebih mempermudah pemahaman kita mengani hal ini, berikut ini beberapa contoh alat kesehatan Elektromedik yang bisa kita jumpai di rumah sakit atau klinik. 

1. Defibrillator (alat kejut jantung) 


Apakah diantara anda ada yang pernah mendengar istilah Defibrillator ? Mungkin jarang, dan bahkan apabila anda orang awam saya bisa pastikan anda tidak pernah mendengarnya. Defibrillator adalah alat medis yang berfungsi untuk menormalkan kembali detak jantung pasien yang mengalami gangguan sehingga tidak normal dan bahkan berhenti. Alat ini bekerja dengan memberikan energi listrik untuk mengejutkan otot – otot jantung sehingga ia dapat bekerja secara normal kembali. 

2. EKG (alat rekam jantung) 

EKG (elektrokardiograf) atau sering disebut dengan alat rekam jantung juga termasuk dalam jenis alat elektrmoedik. Alat ini berfungsi untuk memeriksa gangguan atau kelainan aritma jantung. Alat ini terdiri dari elektroda yang ditempelkan pada dada pasien sehingga menghasilkan impuls listrik yang kemudian direkam oleh mesin EKG dan diteruskan sehingga menjadi grfik KEG yang dinamakan Elektrokardiogram. Dari grafik tersebut, dapat dianalisa ada tidaknya gangguan pendengaran yang dialami oleh pasien terserbut. 

3. Pasein Monitor 


Satu lagi, diantara sekian banyak contoh alat elektromedik yang cukup populer yaitu Monitor Pasien atau disebut juga Patient Monitor. Alat ini berupa monitor yang terletak di samping atau dibagian atas ranjang pasien. Alat ini berfungsi untuk mem0nitor kesehatan pasien secara real time mulai dari detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh dan juga grafik EKG.

1 comment:

  1. mantap. bisa refensi nantinya ke kategori website marketplace alat kesehatan diwebsite https://www.goalkes.com/ nantinya. Terimakasih infonya. Yuk gabung sebagai penjual diwebsite goalkes.

    ReplyDelete