Monday, August 20, 2018

Beberapa Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi

Dalam sehari, anda disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setidaknya 5 porsi. Manfaatnya yaitu untuk membantu memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Vitamin dan mineral serta serat yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu menurunkan tekanan darah ketika anda mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Buah yang mengandung kalsum, magnesium, atau kalium merupakan buah yang paling utama dianjurkan untuk para penderita tekanan darah tinggi.



Berikut merupakan buah-buahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi :

1. Kiwi
Kiwi merupakan salah satu buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para penderita tekanan darah tinggi karena dalam buah kiwi terdapat kandungan 2% kalsium, 7% magnesium, dan 9% kalium. Ketiga mineral yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi terdapat dalam buah ini.

Buah kiwi selain mengandung mineral juga kaya akan Vitamin C yang bersifat antioksidan. Antioksidan bermanfaat bagi tubuh anda untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

2. Pisang

Pisang merupakan buah yang paling sering dan paling mudah untuk anda temui. Pisang merupakan buah yang bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 1% kalsium, 8% magnesium dan 12% kalium yang dibutuhkan oleh tubuh anda setiap hari. Pisang selain dapat membantu menurunkan darah tinggi juga dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar hormon stres dalam darah.

3. Buah Bit
Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi jus buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan nitrat yang terdapat dalam buah bit dapat meningkatkan kadar gas nitrat oksida dalam sirkulasi darah sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada penelitian lain juga disebutkan jika mengkonsumsi jus buah bit dan apel dapat menurunkan tekanan darah sistolik partisipan setelah 6 jam terutama pada partisipan pria. Manfaat buah bit memang sudah tidak diragukan lagi. 


No comments:

Post a Comment