Wednesday, January 30, 2019

5 Tips menjaga kesehatn di musim hujan

Akhir tahun sampai awal bulan ditahun baru, iklim diindonesia biasanya diindonesia kan terasa dingin karena hujan yang terus-menerus mengguyur dari pagi sampai malam. Cuaca dingin karena hujan akan mudah meembangkan penyakit, sudah saatnya anda menerapkan berberapa cara terhindar dari penyakit selama musim hujan. 


Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan biasanya akan membuat tubuh rentan terserang penyakit. Hal tersebut karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan kelembaban dan suhu udara yang berbeda dari sebelumnya. Yuk, kita simak beberapa tip menjaga kesehatan pada musim hujan dibawah ini: 

1. Selalu membawa jas hujan dan payung 

Tip musim hujan yang pertama adalah membawa jas hujan dan payung. Kedua benda tersebut sangatlah penting di bawa kemana saja pada musim hujan.meskipun dipagi hari terlihat sangat cerah, anda tidak tahu cuaca pada siang ataupun sore hari. Bisa jadi anda terjebak hujan sampai malam hari karena menganggap tidak akan hujan di hari itu. 

2. Mengkonsumsi makanan sehat 

Saat musim hujan, suhu akan menjadi ebih rendah dan tubuh juga akan memerlukan banyak kalori untuk menghangtkan tubuh. Selain itu tubuh juga akan memerlukan banyak asupan nutrisisi untuk mencegah terjadinya penyakit. Jadi, tidak ada salahnya anda menerapka tips musim hujan ini dengan memperbanyak makan-makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin C karena dapat menguatkan imunitas tubuh. 

3. Cuci tangan dengan sabun 

Tips menjaga kesetan di musim hujan yang satu ini juga tidak kalah prnting dari yang lainya. Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan apabila akan melakukan apapun, hal tersebut yang perlu anda rubah. Tangan adalah salah satu tempat yang sangat baik menjadi sarang bakteri dan virus, sisa saja anda terserang flu karena tidak menjaga kebersihan tangan anda. Apabila tidak sempat untuk mencuci tangan bawalah hand sanitezer kemanapun anda pergi. 

4. Menjaga kebersihan lingkungan 

Musim hujan akan membuat badan lebih rentan terserang penyakit. Apabila hujan sangat deras, biasanya akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang juga akan mengendap pada halaman rumah, hal ini dapat membawa penyakit. Jadi, sangat penting untuk menja kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan pada musim hujan untuk mencegah terserang penyakit. 

5. Tutup mulut anda ketika bersin 

Apabila disekitar anda banyak orang yang sedang dikantor, tutuplah mulut dan hidung anda dengan tisu, sapu tangan atau bagian kapaian yang sedang anda kenakan saat bersin ataubatuk. Tip menjaga kesehatan pada musim hujan ini dapat mengurangi penyebaran bakteri atau virus.

No comments:

Post a Comment