Sunday, February 3, 2019

Inilah 3 manfaat minum kopi untuk kesehatan otak anda

Kopi termasuk ke dalam daftar jajaran minuman populer di semua kalangan. Minuman ini tersedia dengan berbagai variasi dan disajikan hangat ataupun dingin. Salah satu manfaat minum kopi yang sering diketahui banyak orang adalah mengurangi rasa kantuk. Namun, tidak hanya itu saja. Minum kopi ternyata memiliki dampak yang baik untuk kesehatan otak. Penasaran apa saja manfaatnya? 


Kandungan bahan aktif yang terdapat pada kopi 

Kopi mengandung ratusan senyawa bioaktif yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda, salah satunya yaitu otak. Sebagian besar senyawa tersebut adalah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dalam sel. Bahan aktif pada kopi yang menyehatkan, antara lain sebagai berikut: 

1. Kafein, adalah zat psikoakif yang dapat menstimulasi sistem saraf pusat. 

2. Asam klorogenik, adalah antioksidan polifenol yang berperan untuk mengatur tekanan darah tinggi dan berperan dalam metabolisme gula darah. 

3. Cafestol dan kahweol, adalah minyak alami kopi yang baik untuk kesehatan hati dan melindungi sel-sel tubuh agar tetap sehat. 

4. Trigonelline, adalah senyawa alkaloid yang berperan dalam pengolahan asam nikotinat (vitamin B3), menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah gigi berlubang. 

Banyaknya jumlah zat pada setiap kopi sangat bervariasi, tergantung jenis biji kopi bagaimana biji kopi dioalah dan berapa banyak kopi yang anda minum. Manfaat minum kopi yang anda kan dapatkan apabila asupanya sesuai, pilihan kopiny berkualitas, dan diminum pada waktu yang tepat. Berikuy beberapa manfaat minum kopi untuk kesehatan otak yang mungkin anda dapatkan, meliputi: 


1. Meningkatkan fokus 

Menurut sebuah studi, kandungan kafein yang terdapat pada kopi dapat mempengaruhi fungsi otak, karena kafein yang terbawa oleh aliran darah akan berinteraksi dengan reseptor adenosin dan merangsang produksi dopamin, serotonin dan nonadrenalin. Ketiga senyawa tersebut dapat membuat anda untuk lebih fokus dan waspada, yang akan membuat proses berfikir lebih efisien. 

2. Memperkuat/ mempertajam daya ingat 

Selain membuat lebih fokus dan waspada, kafein juga dapat meningkatkan ketajamam memori. Tampa memerintah otak ubtuk mengingat sesuatu, kafein mampu merangsang otak untuk mengingat suatu hal yang kmungkin sudah anda lupakan. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak kafein dapat menghasilkan ingatan yang tidak akurat. Peningkatan daya ingat karena adanya kafein diotak cenderung lebih sering terjadi pada orang yang jarang minum kopi. 

3. Menurunkan resiko penyakit otak dan saraf 

Sama seperti bagian tubuh yang lainnya, sudah pasti otak juga akan mengalami penurunan fungsi. Berbagai penyakit bisa menyerang otak anda, salah satunya adalah Alzheimet dan Demensia. Penyakit tersebut dapat menyebabkan daya ingat dan kemampuan untuk berfikir memburuk serta perubahan perilaku dalam menjalankan kegiatan sehari-hari

No comments:

Post a Comment